Breaking News
Loading...
Friday, February 28, 2014

Pertemuan 1: Alphabet, Greetings, Menanyakan Nama, dan Menanyakan Kabar


Alphabet dalam Bahasa Perancis
Source: http://j.gs/5897720/cours-de-francais
B
ahasa Perancis. WOW! Denger namanya aja udah bikin saya excited karna bahasa ini adalah salah satu bahasa yang benar-benar pengen saya pelajari, selain karena bahasa ini merupakan salah satu bahasa populer  ̶digunakan sebagai bahasa resmi berbagai Negara (Perancis, Kanada, Swiss, Belgia, Luxemburg, Kamerun, Afrika Tengah, Pantai Gading, Madagaskar, Senegal, Lebanon, dsb) dan merupakan salah satu bahasa resmi PBB (selain  Arab, Cina, Inggris, Rusia, dan Spanyol)  ̶juga karena di mata saya Bahasa Perancis itu adalah salah satu bahasa unik dengan suara sengau para penuturnya. Saat ini mungkin tak banyak ada orang Indonesia yang bisa berbahasa Perancis termasuk juga di daerah sekitar tempat tinggal saya, Singaraja-Bali. Bahkan setahu saya tempat kursusnya pun nggak ada sampai saat ini. Namun saya beruntung karena memiliki seorang Dosen yang fasih menuturkan Bahasa Perancis. Yah nggak heran sih saya, karena beliau sudah sekian tahun mempelajari Bahasa Perancis dan bahkan sempat tinggal langsung di Perancis saat beliau melanjutkan studi Magisternya di Universite de La Rochelle, France. Tapi disini yang benar-benar membuat saya suppeeerrrr dupeeeerrrrrr EXCITED yaitu karena di tengah-tengah kesibukannya sebagai dosen dan Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI)-UNDIKSHA, beliau bersedia mengajarkan kami (mahasiswa PTI) Bahasa Perancis lewat wadah Klub Bahasa bernama GOTIK French Club (GOTIK: nama Himpunan Mahasiswa Jurusan PTI), dan taukah kalian, It’s free of charge alias GRATIS! OMG! Merci beaucoup Monsieur Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.. #sungkem
            Ups! Udah dulu ya intronya, biar ngga ngelantur ceritanya takut kalian malah boring nanti hahaha. Ayo kita langsung ke materi kursus aja.

v  Alphabet
Sepertinya sudah menjadi sebuah hukum wajib bahwa setiap kali mulai mempelajari bahasa baru, yang harus pertama kali kita tahu yaitu alphabet yang digunakan dalam penulisan bahasa tersebut. Demikian halnya dengan belajar Bahasa Perancis kita mesti mengenal dulu alphabetnya. Sebelum mengikuti kursus, saya berasumsi bahwa alphabet dalam Bahasa Perancis itu pasti totally different jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia, karena jika didengarkan sekilas, pelafalan (pronounciation)  alphabet dalam Bahasa Perancis itu benar-benar unik dan tidak mirip sama sekali dengan pelafalan alphabet dalam Bahasa Indonesia. Tapi ternyata saya keliru, ternyata sebagian besar alphabet dalam Bahasa Perancis pelafalannya persis seperti pelafalan alphabet dalam Bahasa Indonesia. Nggak percaya? Ini dia alphabet dalam Bahasa Perancis beserta pelafalannya. Silahkan kalian bedakan sendiri dengan pelafalan alphabet dalam Bahasa Indonesia.
Alphabet
Pelafalan
Pengejaan Internasional
Aa
seperti huruf a biasa
/a/
Bb
seperti huruf b biasa
/be/
Cc
sebelum e dan i: seperti huruf s
sebelum a, o, atau u: seperti huruf k
/se/
Dd
seperti huruf d biasa
/de/
Ee
seperti huruf e dalam ‘entahlah’
/ə/
Ff
seperti huruf f biasa
/ɛf/
Gg
sebelum e dan i: seperti huruf s
sebelum a, o, atau u: seperti huruf g biasa
/ʒe/
Hh
tidak dieja. Lihat catatan di bawah
/aʃ/
Ii
seperti huruf i biasa
/i/
Jj
seperti huruf s
/ʒi/
Kk
seperti huruf k biasa
/ka/
Ll
seperti huruf l biasa
/ɛl/
Mm
seperti huruf m biasa
/ɛm/
Nn
seperti huruf n biasa
/ɛn/
Oo
tertutup: seperti huruf a
terbuka: seperti huruf o biasa
/o/
Pp
seperti huruf p biasa
/pe/
Qq
seperti huruf k
/ky/
lihat pula huruf "u"
Rr
keluarkan udara lewat tenggorokan
seperti bunyi orang berkumur,
tetapi lebih halus
/ɛʀ/
Ss
seperti huruf s biasa pada permulaan kata
atau pada huruf s ganda
atau seperti z untuk posisi lainnya
/ɛs/
Tt
seperti huruf t biasa
/te/
Uu
Ucapkan huruf i,
tetapi dengan posisi bibir mengucapkan u.
(bibir seperti saat bersiul)
/y/
Vv
seperti huruf v biasa
/ve/
Ww
Tergantung kata yang dipakai,
dapat berbunyi seperti v, atau w
/dubləve/
Xx
seperti /ks/ di oksigen,
atau /gz/ di exit
/iks/
Yy
seperti huruf i yang dipanjangkan, iiigrek
/igrək/
Zz
seperti huruf z di zebra
/zɛd/
Gimana? Sebagian besar mirip kan dengan pelafalan alphabet dalam Bahasa Indonesia? Yang totally different hanya pelafalan huruf h, w, dan y sedangkan sisanya mirip bahkan sama persis.
v  Greetings
Bonjour! Mungkin kalian sering mendengar kata ini diucapkan oleh penutur Bahasa Perancis saat saling bertegur sapa.  Tahukah kalian apa arti dari kata itu? Ya, kata itu merupakan sebuah salam dalam Bahasa Perancis yang artinya Hallo atau selamat pagi/siang (sebelum jam 6 sore).  Secara harfiah Bonjour itu berasal dari dua kata berbeda yakni bon yang berarti baik (good) dan jour yang berarti hari. Jadi dengan mengucapkan bonjour (baca: bongju) ini kita seperti mendoakan ‘semoga harinya baik’. Berikut adalah salam selain dalam Bahasa Perancis selain bonjour!
Bonsoir artinya selamat malam
Bonaprès midi artinya selamat siang (tepat jam 12 siang)
Sebuah salam biasanya  diucapkan dengan diikuti dengan menyebutkan nama atau kata ganti orang (sapaan). Seperti halnya kita dalam Bahasa Indonesia saat mengucapkan selamat siang pasti diikuti dengan nama orang yang kita sapa atau kata ganti orang tersebut. Contoh: Selamat siang Pak; Selamat siang Dewi; Selamat malam Bu; Selamat pagi nona; dan lain sebagainya. Berikut adalah kata ganti yang dimaksud.
Monsieur (baca: mongsye) untuk Laki-laki (tua muda sama saja)
Madame (baca: madam) untuk Wanita (ibu-ibu)
Modemmoiselle (baca: mademuasel) untuk Gadis (nona)


0 comments :

Post a Comment

Back To Top